PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG)

Satria Rafli Putra, 11.304.0144 (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel_Pendaftaran_Wisuda_113040144.pdf

Download (579kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Berdasarkan peraturan walikota bandung nomor 553 tahun 2017 tentang perubahan tata cara penerimaan peserta didik baru yang sebelumnya terdapat pada peraturan walikota nomor 17 Tahun 2010, Pemerintah kota bandung menggunakan sistem zonasi sekolah untuk pendaftaran siswa khususnya diberlakukan untuk tingkat SMP dan SMA juga yang sederajat. Atas kebijakan itu, calon peserta didik tidak leluasa untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan karena harus memperhitungkan jarak dari rumah ke sekolah yang mana semakin dekat jarak rumah ke sekolah, maka makin besar juga nilai jarak yang mereka dapatkan sebagai parameter utama untuk menentukan nilai akhir yang akan di akumulasikan dengan nilai dari ujian nasional. Hal penting yang harus diperhatikan bahwa sekolah yang dituju haruslah memiliki jarak tempuh maksimal radius 2 kilometer dari wilayah tempat tinggal calon peserta didik tersebut. Kebijakan memilih sekolah berbasis wilayah tempat tinggal peserta didik merupakan upaya kontribusi bidang pendidikan untuk mendukung tata kota. Salah satunya adalah mengurangi kemacetan lalu lintas di kota bandung, dan dengan adanya kebijakan tersebut mampu mendorong pemerataan mutu di sekolah-sekolah seluruh wilayah Kota Bandung. Namun pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung ini mengalami beberapa kendala terkait dengan belum pahamnya masyarakat dengan ketentuan yang dilakukan pemerintah tersebut, yang membuat analisis terhadap sistem ini menjadi menarik untuk dilakukan. Analisis dilakukan menggunakan metodologi Structure System Analysis and Design Method (SSADM). SSADM merupakan metodologi analisis dan pembangunan sistem yang sudah menjadi standar sistem di negara Inggris. Selain dilakukannya analisis terhadap sistem penerimaan peserta didik baru yang berjalan saat ini, terdapat suatu kebutuhan akan sebuah rancangan sistem informasi yang mampu mengatasi suatu permasalahan yang terjadi didalam sistem yang sedang berjalan. Dengan rancangan sistem informasi tersebut akan dihasilkan suatu purwarupa aplikasi yang mampu memperlihatkan solusi yang dihasilkan oleh rancangan sistem yang telah dihasilkan sebelumnya. Kata Kunci: Peraturan Walikota, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Perancangan, Analisis, Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru, Structure System Analysis and Design Method (SSADM).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:14
Last Modified: 15 Oct 2018 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39102

Actions (login required)

View Item View Item