PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS CCTV PADA PERIMETER BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG DENGAN METODE POINT TO MULTIPOINT MENGGUNAKAN TEKNIK WIRELESS BRIDGING

Muhammad Iqbal Wirayudha, 113040397 (2018) PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS CCTV PADA PERIMETER BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG DENGAN METODE POINT TO MULTIPOINT MENGGUNAKAN TEKNIK WIRELESS BRIDGING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad_Iqbal_Wirayudha_113040397_Teknik_Informatika.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Media komunikasi mengambil peran penting dalam kehidupan umat manusia saat ini, sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dari satu titik ke titik lainnya. Perkembangan Teknologi hari ini menempatkan Media komunikasi wireless sebagai sarana yang sangat efisien, karena dengan media udara saja komunikasi dapat berlangsung dengan baik. PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Husein Sastranegara Bandung memiliki tugas menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan dengan cara menyelenggarakan fasilitas keamanan sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan no 127 tahun 2015. Salah satu fasilitas keamanan penerbangan adalah CCTV, sebagai salah satu fasilitas wajib dalam pelaksanaan kegiatan penerbangan. Belajar dari kejadian pada tahun 2015 di kantor cabang lainnya milik PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Pagar Perimeter (kawasan terbatas suatu Bandara yang berfungsi sebagai perbatasan antara daerah dalam dan luar bandara) diterobos oleh orang yang ingin menyusup kedalam pesawat, sehingga dapat mengganggu keselamatan penerbangan. Hal itu disebabkan belum adanya sistem keamanan yang dapat mencegah hal tersebut terjadi. Bandara Husein Sastranegara Bandung saat ini belum memiliki sistem keamanan di area Perimeter Bandara. Untuk mencegah terjadinya hal yang sama, Maka Bandara Husein Sastranegara Bandung berkomitmen untuk mengadakan sistem keamanan berupa CCTV dengan menggunakan teknologi Wireless sebagai media jaringannya. Oleh karena itu penulis mengangkat judul “Perancangan Jaringan Wireless Cctv Perimeter Pada Bandara Husein Sastranegara Bandung Dengan Metode Point To Multipoint Menggunakan Teknik Wireless Bridging”. . Kata kunci : Wireless, CCTV, Perimeter, PT Angkasa Pura II (Persero), Point to Multipoint, wireless Bridging.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:03
Last Modified: 15 Oct 2018 02:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39100

Actions (login required)

View Item View Item