PENGARUH TEMUAN KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN TEMUAN KETIDAKPATUHAN PEMERINTAH DAERAH ATAS PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP OPINI AUDIT LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH OLEH BPK (Studi Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang teraudit oleh BPK Tahun Anggaran 2014-2016)

Wiska Bahlis, 144020275 and Pembimbing, Dr. Hj. Liza Laila Nurwulan,SE. MSi,AK.,CA (2018) PENGARUH TEMUAN KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN TEMUAN KETIDAKPATUHAN PEMERINTAH DAERAH ATAS PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP OPINI AUDIT LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH OLEH BPK (Studi Pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang teraudit oleh BPK Tahun Anggaran 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Latar Belakang.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh temuan kelemahan sistem pengendalian intern dan temuan ketidakpatuhan PEMDA atas peraturan perundang-undangan terhadap opini audit laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK pada pemerintah daerah yang berada di provinsi Jawa Barat. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan nonprobability sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi kalsik yang terdiri dari uji normalitas, uji Autokorelasi, uji multikolonieritas, uji heteroskedasitas, uji T-test, uji F-test, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Banyaknya populasi dan sampel penelitian ini adalah 27 LKPD. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan sumber yang diperoleh melalui hasil data yang diperoleh dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa temuan kelemahan sistem pengendalian intern dan temuan ketidakpatuhan PEMDA atas peraturan perundang-undangan berpengaruh signifikan terhadap opini audit laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK pada pemerintah daerah yang berada di provinsi Jawa Barat. Besarnya pengaruh temuan kelemahan sistem pengendalian intern terhadap opini audit laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK sebesar 21,9%, sedangkan besarnya pengaruh temuan ketidakpatuhan PEMDA atas peraturan perundang-undangan terhadap opini audit laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK sebesar 7,0%. Sedangkan, besarnya pengaruh temuan kelemahan sistem pengendalian intern dan temuan ketidakpatuhan PEMDA atas peraturan perundang-undangan secara simultan terhadap opini audit laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK sebesar 28,9%, dan sisanya sebesar 69,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini seperti misalnya kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah dan kecukupan pengungkapan (adequate disclosures). Kata Kunci: Temuan Kelemahan Sistem Pengendalian Intern, Temuan Ketidakpatuhan PEMDA atas Peraturan Perundang-undangan, Opini Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Oleh BPK.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 13 Oct 2018 01:48
Last Modified: 13 Oct 2018 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38721

Actions (login required)

View Item View Item