PENGEMBANGAN ALAT DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGI ENGINEERING MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK

DADANG, NPM : (2018) PENGEMBANGAN ALAT DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGI ENGINEERING MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Dadang.docx

Download (78kB)

Abstract

Dadang. 2018 ” Pengembangan Alat dan Implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa SMK”. Tesis Magister Pendidikan Matematika. Universitas Pasundan Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa setelah implementasi pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Selain itu, dikaji juga aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Haurwangi Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2017/2018. Dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, lembar ahli media, lembar observasi aktivitas siswa disertai angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata uji t atau uji mann whitney dan deskripsi, korelasi (kualitatif). Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) proses merancang dan mengembangkan alat (kibader) STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. (2) proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan implementasi pendekatan STEM lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang mendapatkan implementasi pendekatan STEM lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (4) respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics (STEM). (5) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah serta motivasi belajar Kata Kunci: Pengembangan, Pendekatan, Science Technology Engineering and Mathematics (STEM), kemampuan berpikir kritis,kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:27
Last Modified: 12 Oct 2018 09:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38717

Actions (login required)

View Item View Item