PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler)

Giska Prilly Permatasari, 145060017 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
bab 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar. Dari ke 6 SD yang terdapat di kecamatan Cibeunying Kaler dalam penelitian rata-rata pemahaman siswa kurang, disebabkan masih banyak siswa yang tidak fokus dalam belajar, tidak dapat belajar secara mandiri serta tidak teliti dalam mengerjakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemahaman siswa di kelas V tahun ajaran 2018/2019, 2) mengetahui kualitas penggunaan media pembelajaran siswa di kelas V, serta 3) mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman siswa di kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif adapun jenis penelitiannya korelasional. Penelitian ini melibatkan 125 siswa, data dikumpulkan dengan instrument penelitian yaitu kuesioner. Terdapat 30 butir penyataan kuesioner yang telah diuji validitas, serta memiliki nilai reliabilitas 0,998. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa 81,62 termasuk dalam kategori sangat baik, kualitas penggunaan media pembelajaran adalah 91% atau masuk kategori siswa memiliki pemahaman yang sangat baik, dan pengaruh antara media pembelajaran terhadap pemahaman siswa 0,405 dengan nilai signifikasi 0,000<0,005 maka hubungan antara keduanya adalah signifikan serta berada dalam korelasi sedang. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:23
Last Modified: 12 Oct 2018 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38711

Actions (login required)

View Item View Item