PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Korelasi Pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

Tantry Sukmayanti, 145060027 (2018) PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Korelasi Pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVERR.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Sikap percaya diri merupakan satu diantara sikap yang penting harus ditumbuhkan dan menjadi kebiasaan siswa, 6 SD di kecamatan Cibeunying Kaler rata-rata atau sebagian besar nilai hasil ulangan harian belajarnya kurang baik karena satu diantara penyebabnya yaitu beberapa siswa tidak memiliki keberanian untuk berpendapat, baik di sekolah atau di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kualitas sikap percaya diri siswa siswa kelas IV, 2) mengetahui rata-rata nilai prestasi belajar siswa kelas IV, dan 3) mengetahui pengaruh sikap percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD di Kecamatan Cibeunying Kaler 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survey dan menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD di Kecamatan Cibeunying Kaler. Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 170 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan berlandaskan pada tabel Isaac dan Michael dengan signifikansi atau taraf kesalahannya 5% yaitu berjumlah 114 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi berupa nilai harian siswa semester gasal 2018/2019. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 35 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,903. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas serta untuk menentukan pengaruh dua variabel yaitu sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa melalui perhitungan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata percaya diri belajar siswa terkategori baik dengan nilai 67,17%, rata-rata nilai ulangan harian siswa juga terkategori baik sekali yaitu 83,04, dan adanya pengaruh ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,741, angka tersebut termasuk dalam interval 0,600-0,799, artinya korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat antara sikap percaya diri siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:04
Last Modified: 12 Oct 2018 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38707

Actions (login required)

View Item View Item