PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersaman Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN Sukaseneng Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019).

RIKA DWI LESTARI, 145060192 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersaman Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN Sukaseneng Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER RIKA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia .pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa Inggris .pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak basa sunda.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Pdf.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Pdf.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAB I-5.pdf

Download (128kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada siswa kelas IV SDN Sukaseneng dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes hasil belajar melalui postest hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap peduli, sikap santun dan hasil belajar disetiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi sikap peduli pada siklus I peserta didik hanya mendapatkan persentase sebesar (afektif) 57,63% pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 61% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 82%. Hasil observasi sikap santun pada siklus I 58,21%, pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 65,02% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 82,03%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukan sebanyak 14 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan persentase sebesar 51,85%, pada siklus II sebanyak 18 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan persentase sebesar 67%, pada siklus III terjadi peningkatan dengan jumlah peserta didik yang mencapai nilai KKM sebanyak 24 orang dengan persentase sebesar 89%. Dengan demikian pengggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman di kelas IV SDN Sukaseneng dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik karena hasil persentase sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:31
Last Modified: 12 Oct 2018 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38698

Actions (login required)

View Item View Item