PERAN KONSELOR SEBAYA DALAM MENGATASI MASALAH REPRODUKSI REMAJA DI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) FORMASI KECAMATAN BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT

I Made Erie Sucipta Eka Surya, 142020035 (2018) PERAN KONSELOR SEBAYA DALAM MENGATASI MASALAH REPRODUKSI REMAJA DI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) FORMASI KECAMATAN BATUJAJAR KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
7. BAB II SKRIPSI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. RINGKESAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I SKRIPSI.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Peran Konselor Sebaya Dalam Mengatasi Masalah Reproduksi Remaja Di Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (Pik-R) Formasi Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat”. Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) adalah salah satu wadah di kecamatan untuk menaungi remaja menjadi konselor dan pendidik sebayanya dalam mengamalkan 4 (empat) substansi dari program genre yaitu kesehatan reproduksi remaja, life skill, kependudukan dan pembangunan keluarga, serta persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) yang berada di bawah naungan BKKBN. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan kondisi masalah reproduksi remaja, peran konselor sebaya dalam menangani masalah reproduksi remaja dalam ruang lingkup konseling serta bagaimana implikasi praktis pekerja sosial untuk turut serta melakukan upaya preventif terhadap masalah reproduksi remaja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi studi di PIK-R Kecamatan Batujajar. Informan penelitian adalah konselor sebaya dan pendidik sebaya serta pembina PIK-R sebagai informan sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan penelusuran data sekunder, hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis koding dan kategorisasi serta keabsahan data melalui triangulasi data dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah reproduksi remaja di Kecamatan Batujajar secara umum masih ada, hanya saja rendahnya basis data serta pola kerjasama yang kurang maksimal antara PIK-R dengan DP2KBP3A menjadi salah satu penghambat untuk adanya basis data yang terintegrasi. Rendahnya dinamika kelompok serta kurangnya program kerja yang dijalankan secara rutin dan berkelanjutan menjadi salah satu faktor anggota PIK-R keluar dari kelompok. Peran konselor sebaya mengatasi masalah reproduksi remaja masih belum maksimal karena kurangnya sistem rujukan yang bisa diakses. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah adanya sinergitas antara PIK-R, Kecamatan Batujajar serta DP2KBP3A untuk membangun integrasi data yang berbasis online terkait masalah sosial remaja yang ada di Kabupen Bandung Barat. Kata Kunci: Pusat informasi dan konseling, program genre, konselor sebaya dan integrasi data.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:35
Last Modified: 12 Oct 2018 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38662

Actions (login required)

View Item View Item