PENGARUH PERBANDINGAN GLUKOSA DAN SUKROSA DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARATERISTIK SOFT CANDY BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana)

Gina Ayu Novianingsih, 123020271 and Ela Turmala S, Ds (2018) PENGARUH PERBANDINGAN GLUKOSA DAN SUKROSA DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARATERISTIK SOFT CANDY BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PERBANDINGAN GLUKOSA DAN SUKROSA DAN JENIS PENSTABIL TERHADAP KARATERISTIK SOFT CANDY BUAH CAMPOLAY.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Buah campolay merupakan salah satu jenis buah yang belum mendapat perhatian khusus, pemanfaatan buah ini masih terbatas. Salah satu alternatif pemanfaatan yaitu dengan pembuatan soft candy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan glukosa dan sukrosa dan jenis penstabil terhadap karakteristik soft candy buah campolay. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai fungsional buah campolay dengan mengolah menjadi produk soft candy agar produk dapat diterima oleh konsumen. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan, penelitian utama, dan penelitian sampel terpilih. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah analisis bahan baku. Pada penelitian utama digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial (3x3) dengan 3 kali ulangan. Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah respon organoleptik terhadap warna, aroma, rasa dan tekstur (mouthfeel). Respon kimia yang meliputi analisis kadar gula pereduksi dan kadar vitamin C. Respon fisik yang dilakukan yaitu uji tingkat kekerasan dengan menggunakan texture analyzer dan uji sineresis. Penelitian sampel terpilih dilakukan analisis betakaroten. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan glukosa dan sukrosa yang terpilih dari keseluruhan respon adalah perlakuan a3b1 (perbandingan glukosa dan sukrosa 3:1 dan jenis penstabil gum arab 10%) berdasarkan hasil analisis uji organoleptik dengan nilai rata-rata warna 4,68; aroma 4,03; rasa 4,60; tekstur 4,53. Kandungan kadar gula pereduksi 18,673%, kadar vitamin C 10,763 mg/100 g bahan, tingkat kekerasan 671,242 mm/s/g, dan beta karoten sebesar 11,8564 ppm. Kata kunci : soft candy, campolay, glukosa, sukrosa, penstabil

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:23
Last Modified: 12 Oct 2018 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38658

Actions (login required)

View Item View Item