PERBANDINGAN METODE THINK PAIR AND SHARE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya)

ANNISA NURHIDAYAH, 145060106 (2018) PERBANDINGAN METODE THINK PAIR AND SHARE DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INDONESIA ANISA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INGGRIS ANISA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUNDA ANISA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan di Kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya, banyak sekali peserta didik memperoleh hasil belajar yang kurang mencapai KKM, sehingga akan berpengaruh pada nilai peserta didik dan menjadikan suatu proses pembelajaran berjalan satu arah (Teacher Centered) karena pada saat pembelajaran pendidik kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, pembelajaran terkesan monoton dan menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode Think Pair And Share dan Two Stay Two Stray. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, observasi, pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A dengan jumlah 31 peserta didik dan IV B dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Mann-Whitney U, dan Uji Gain Ternormalisasi yang terdapat pada aplikasi SPSS. Hasil data pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan metode Think Pair and Share (kelas A) dan yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (Kelas B) melalui uji Mann-Whitney U dengan nilai pretest 0.000 dan posttest 0.007. Terdapat peningkatan hasil belajar yang menggunakan metode Think Pair and Share (kelas A) sebesar 0.39 dan yang menggunakan metode Two Stay Two Stray (Kelas B) sebesar 0.56 melalui uji Gain Ternormalisasi dan metode yang lebih efektif terlihat dari besarnya nilai uji Gain Ternormalisasi sebesar 0.56. Dengan demikian metode Two Stay Two Stray lebih efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Kata Kunci: Think Pair And Share. Two Stay Two Stray. Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2018 01:57
Last Modified: 12 Oct 2018 01:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38635

Actions (login required)

View Item View Item