PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Sawah Lega 1 Kec.Cicalengka Kab.Bandung)

ADITYA PERMANA, 145060208 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Sawah Lega 1 Kec.Cicalengka Kab.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indonesia.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda .pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV B SD Negeri Sawah Lega 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kerjasama dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,3 yang termasuk ke dalam kategori kurang dengan persentase ketuntasan mencapai 44,44% berjumlah 16 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama pada siklus I sebesar 56% yang dikategorikan rendah. Pada siklus II jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 74,2 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 50% atau berjumlah 18 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase penilaian kerjasama sebesar 69% yang dikategorikan sedang. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 76,67 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 83,3% atau berjumlah 30 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama sebesar 84% yang dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kerjasama, Hasil Belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:50
Last Modified: 11 Oct 2018 08:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38622

Actions (login required)

View Item View Item