MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA SMP

. Gilang Agustian N, NPM : 168060028 (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel M. GIlang.docx

Download (20kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta meningkatnya kecemasan matematis, dan diprediksi bahwa dengan pembelajaran brain based learning dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta menurunkan kecemasan matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender, (2) apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender, (3) bagaimana kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender, (4) apakah terdapat hubungan antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa serta kecemasan matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Metode penelitian ini merupakan metode campuran (mixed methods) tipe embedded design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung pada tahun ajaran 2017/2018 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan tes dan non tes, yaitu tes pemahaman matematis dan komunikasi matematis, sedangkan non tes yaitu observasi, wawancara, dan skala Likert kecemasan matematis. Data diolah dengan bantuan software SPSS 25 dan Microsoft Excel 2016. Analisis data menggunakan uji-t, uji non-parametrik dan uji korelasi. Temuan penelitian ini adalah, (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi brain based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi brain based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi brain based learning mempunyai tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa, tetapi tidak terdapat hubungan antara kecemasan matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Kata Kunci : strategi brain based learning; kemampuan pemahaman matematis; kemampuan komunikasi matematis; dan kecemasan matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:13
Last Modified: 11 Oct 2018 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38606

Actions (login required)

View Item View Item