PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Semester I SDN Sawah Lega 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Amanda Isna Seftyanty, 145060229 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Semester I SDN Sawah Lega 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER .pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK SUNDA .pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB II .pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
8 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning yang mengacu pada tema 1 sub-tema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Sawah Lega 1. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sawah Lega 1 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Tiap siklus memiliki kegiatan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I presentase ketuntasan kognitif peserta didik mencapai 55,60%, rata-rata ketuntasan hasil belajar afektif yaitu 2,45% kategori MT (Mulai Terlihat), dan hasil psikomotorik peserta didik dalam proses pembelajaran masih belum terlihat aktif. Pada siklus II presentase ketuntasan kognitif peserta didik mencapai 63,90%, rata-rata ketuntasan hasil belajar afektif yaitu 2,47 kategori MT (Mulai Terlihat), dan rata-rata ketuntasan hasil psikomotorik peserta didik mulai aktif saat pembelajaran. Pada siklus III presentase ketuntasan kognitif peserta didik mencapai 80,56%, rata-rata ketuntasan hasil belajar afektif yaitu 2,63 kategori MT (Mulai Terlihat), dan rata-rata ketuntasan hasil psikomotorik peserta didik sudah aktif saat pembelajaran. Data perolehan hasil belajar peserta didik menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari seluruh siklus. Peningkatan yang terjadi pada hasil belajar peserta didik didasari oleh penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Peneliti selalu melakukan perbaikan pada setiap siklusnya sehingga pelaksanaan pembelajaran pun dapat mencapai target yang diinginkan pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sawah Lega 1 pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:44
Last Modified: 11 Oct 2018 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38598

Actions (login required)

View Item View Item