HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM KEGIATAN REHABILITASI SOSIAL DENGAN PEMBERDAYAAN EKS PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN CIREBON

VINNY NOVIANTI, 142020014 (2018) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM KEGIATAN REHABILITASI SOSIAL DENGAN PEMBERDAYAAN EKS PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN CIREBON. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM KEGIATAN REHSOS DGN PEMBERDAYAAN EKS PENDERITA KUSTA DI KAB.CIREBON.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM KEGIATAN REHSOS DENGAN PEMBERDAYAAN EKS KUSTA.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (53kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Hubungan antara Partisipasi dalam Kegiatan Rehabilitasi Sosial dengan Pemberdayaan Eks Penderita Kusta di Kabupaten Cirebon”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial di Kabupaten Cirebon, pemberdayaan eks penderita kusta di Kabupaten Cirebon, dan hubungan antara partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial dengan pemberdayaan eks penderita kusta di Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi dan studi lapangan melalui teknik observasi non partisipan, angket, dan wawancara mendalam. Populasi dalam penelitian ini adalah eks penderita kusta sebanyak 258 orang dan diambil sampel sebanyak 50 orang (eks penderita kusta tahun 2016 dan 2017) dengan pertimbangan responden tersebut masih berdomisili di Kabupaten Cirebon. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Untuk mengukur variabel menggunakan skala ordinal, pengujian hipotesis digunakan uji statistik Tata Jenjang atau Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial di Kabupaten Cirebon secara umum belum berjalan secara maksimal, pemberdayaan eks penderita kusta di Kabupaten Cirebon melalui kegiatan rehabilitasi sosial secara umum belum dilaksanakan dengan baik dari pelatihan keterampilan maupun bimbingan sosial. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya hubungan atau korelasi antara partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial dengan pemberdayaan eks penderita kusta di Kabupaten Cirebon, sehingga dapat dikatakan apabila partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial tinggi maka akan terbentuk pemberdayaan eks penderita kusta yang baik. Secara keseluruhan, partisipasi dalam kegiatan rehabilitasi sosial dengan pemberdayaan eks penderita kusta menunjukkan adanya hubungan yang berarti dan searah. Kata Kunci: Partisipasi, Pemberdayaan, Rehabilitasi Sosial, Eks Penderita Kusta.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:35
Last Modified: 11 Oct 2018 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item