Anisa Mutiara Adha, 145060239 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN SUKAPURA 01 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kenyatan dilapangan bahwa guru jarang menggunakan model pembelajaran, hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian tindak ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukapura 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tingkat Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelasnya sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar lebih meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik dari siklus I sampai siklus III. adapun penilaian sikap pada siklus I terdapat 15% siswa memiliki sikap santun yang masih kurang, pada siklus II siswa mengalami peningkatan menjadi 50% dan pada siklus III ini merupakan perbaikan dari siklus II sikap santun siswa mengalami peningkatan menjadi 95%. Adapun peningkatan untuk penilaian hasil belajar siswa terdapat 30% siswa yang mencapai KKM, pada siklus II siswa mengalami sedikit peningkatan sebesar 55% siswa yang mencapai KKM dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 85% siswa yang mencapai KKM.Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode PBL adalah membutuhkan waktu yang lama dan upaya untuk mengatasi hambatan guru harus mengkondisikan kelas dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Sukapura 01. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian guru menjadikan model PBL sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Hambatan dan Upaya
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38560 |
Actions (login required)
View Item |