PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL OPERATOR SHIFT MALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) PADA BAGIAN SEWING (STUDI KASUS : BAGIAN SEWING DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK)

SUCAHYO PRASETYONO, 133010050 (2018) PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL OPERATOR SHIFT MALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESMENT TECHNIQUE (SWAT) PADA BAGIAN SEWING (STUDI KASUS : BAGIAN SEWING DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Pendaftaran Wisuda.pdf

Download (587kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Primarindo Asia Infrastructure, TBK merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dimana produk yang dihasilkan yaitu sepatu dengan merk dagang Tomkins. Departemen Sewing merupakan salah satu departemen di PT. Primarindo Asia Infrastructure, TBK. Terdapat masalah pada produk yang dihasilkan oleh bagian sewing yaitu upper sepatu memiliki tingkat defect/cacat yang tinggi pada saat shift malam dengan jumlah rata-rata diatas 200pcs pada rentan waktu April-September 2017, artinya perlu dilakukan penelitian apa yang menjadi penyebab terjadinya defect/cacat yang tinggi pada saat shift malam. Berdasarkan hasil pengolahan pengumpulan data didapatkan bahwa permasalahan yang terjadi akibat defect/cacat yang tinggi pada saat shift malam disebabkan oleh tingginya beban kerja mental yang dialami oleh pekerja pada saat shift malam. Oleh karena itu cara yang harus dilakukan untuk mengukur tingkat beban kerja mental pekerja menggunakan metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT), metode ini menghasilkan atau dapat mengetahui tingkat beban kerja mental seseorang. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan SWAT terdapat 3 orang pekerja yang pekerjaannya dikategorikan over load sebanyak 3 sampai 4 pekerjaan, 2 orang yang hanya 1 pekerjaan dan 1 orang yang hanya 1 pekerjaan. Kata kunci : Tingkat Defect/Cacat, SWAT, Kategori Beban Kerja Mental

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:59
Last Modified: 11 Oct 2018 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38559

Actions (login required)

View Item View Item