MODEL DYNAMIC MODIFIED SPANNING TREE (DMoST) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PENGELOMPOKAN MESIN YANG MINIMUM UNTUK PERANCANGAN TATA LETAK SEL DINAMIS

RYRY RIZKI ASRI, 143010188 (2018) MODEL DYNAMIC MODIFIED SPANNING TREE (DMoST) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PENGELOMPOKAN MESIN YANG MINIMUM UNTUK PERANCANGAN TATA LETAK SEL DINAMIS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
_Artikel Perpus CLR RYRYRIZKI - Dynamic Layout Problem.pdf

Download (425kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perubahan yang terjadi pada bidang manufaktur disebabkan oleh perubahan pada siklus hidup produk yang lebih pendek, permintaan pasar akan variasi baru dan berubah-ubah serta perubahan pada sisi penggunaan teknologi terbaru di perusahaan. Hal tersebut akan mengakibatkan perubahan aliran proses yang juga akan mengubah tata letak pada bagian produksi sehingga memunculkan masalah dynamic layout problem. Permasalahan tata letak dinamis dapat diselesaikan dengan menggunakan metode pembentukan sel manufaktur yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi. Pada penelitian ini algoritma yang digunakan adalah direct clustering algorithm, rank order clustering, dan bond energy algorithm. Algoritma dynamic modified spanning tree juga digunakan untuk mengurutkan mesin ke dalam tata letak dengan struktur baris-tunggal dan menentukan panjang perencanaan time window pada masa yang akan datang. Pembentukan sel manufaktur yang dipilih adalah rank order clustering dengan grouping efficiency sebesar 76,1% dan grouping efficacy sebesar 59,5%. Selisih jarak pemindahan material antara layout awal dan usulan sebesar 155 meter dengan selisih total ongkos pemindahan material sebesar 169.983. Periode perencanaan selama 8 periode, yang masing-masing memiliki perubahan akibat adanya peningkatan volume produksi dan penambahan jenis produk baru dan hal ini telah diketahui sebelumnya oleh perusahaan. Kemudian pada masa yang akan datang dilakukan pengaturan ulang tata letak mesin sebanyak 2 kali pada periode 1 dan 5. Periode 1 menggunakan rancangan tata letak mesin periode 2 dengan urutan mesin 5-6-7-3-1-4-2 yang digunakan sepanjang periode 1 sampai dengan 4. Pada periode 5 menggunakan rancangan tata letak mesin periode 6 dengan urutan mesin 7-6-5-3-1-4-2 yang digunakan sepanjang periode 5 sampai dengan 8. Total biaya pengaturan ulang tata letak sebesar 100.000. Kata kunci: dynamic layout problem, rank order clustering, direct clustering algorithm, bond energy algorithm, minimum spanning tree, algoritma silver-meal, time window.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:16
Last Modified: 11 Oct 2018 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38550

Actions (login required)

View Item View Item