ENERIMAAN DIRI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DOWN SYNDROME PADA KOMUNITAS POTADS (PERSATUAN ORANGTUA ANAK DOWN SYNDROME) DI KOTA BANDUNG

HAIFA LATIFAH, 142020012 (2018) ENERIMAAN DIRI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK DOWN SYNDROME PADA KOMUNITAS POTADS (PERSATUAN ORANGTUA ANAK DOWN SYNDROME) DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-converted.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER (1).pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-converted.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG20181010152425.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerimaan Diri Orangtua Yang Memiliki Anak Down Syndrome Pada Komunitas POTADS (Persatuan Orangtua Anak Down Syndrome) Di Kota Bandung”. Penerimaan diri merupakan suatu proses dimana individu mengenali siapa dirinya dan bersedia untuk hidup dengan karakteristik tersebut. Berbagai faktor dapat mempengaruhi proses penerimaan diri seseorang, seperti faktor internal (dari dalam individu) maupun faktor eksternal (diluar individu). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam. Adapun penelitian ini dilakukan di lokasi yang berbeda-beda, terkait sampel penelitian menggunakan teknik studi kasus, yakni menekankan tentang memaknai suatu gejala dari fenomena secara mendalam. Karakteristik informan yang dipilih peneliti yaitu orangtua yang memiliki anak penyandang down syndrome yang tergabung dalam komunitas POTADS Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan diri orangtua yang memiliki anak down syndrome. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hasil yang menyatakan orangtua pada awalnya merasa sedih dan kaget saat pertama kali mengetahui anak didiagnosa sebagai penyandang down syndrome. Seiring berjalannya waktu para orangtua memutuskan untuk menerima anak mereka sebagai penyandang down syndrome. Para informan dinilai mampu melakukan penerimaan diri secara positif, meskipun ada hambatan yang dialami orangtua dalam pengasuhan, mereka tetap yakin untuk menjalankan peran mereka sebagai orangtua bagi anak mereka. Kata Kunci: Penerimaan Diri Orangtua, Anak Down syndrome, Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:49
Last Modified: 11 Oct 2018 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item