PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI TINTA CUMI-CUMI (Lolligo sp.) DAN TEPUNG SAGU TERHADAP KARAKTERISTIK SATSUMA AGE IKAN PATIN (Pangasius sp.)

Mia Aprilia, 14.302.0372 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI TINTA CUMI-CUMI (Lolligo sp.) DAN TEPUNG SAGU TERHADAP KARAKTERISTIK SATSUMA AGE IKAN PATIN (Pangasius sp.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN .pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi tinta cumi-cumi terhadap karakteristik satsuma age ikan patin, mengetahui pengaruh konsentrasi tepung sagu terhadap karakteristik satsuma age ikan patin dan untuk mengetahui pengaruh interaksi konsentrasi tinta cumi-cumi dan tepung sagu terhadap karakteristik satsuma age ikan patin. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor T (Tinta Cumi-Cumi) yang terdiri dari 3 taraf yaitu t1 (1%), t2 (2%), t3 (3%) dan faktor S (Tepung Sagu) yang terdiri dari 3 taraf yaitu s1 (6%), s2 (10%), s3 (14%). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar air dengan menggunakan metode gravimetri dan kadar protein dengan menggunakan metode kjedahl, respon fisik yang meliputi tekstur kekenyalan (chewiness), dan respon organoleptik yang meliputi warna,aroma,rasa,dan tekstur. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa penambahan bahan penghilang aroma amis dengan konsentrasi 30% merupakan tinta cumi-cumi dengan aroma yang paling disukai oleh panelis dengan nilai (4,87). Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi tinta cumi-cumi berpengaruh terhadap respon kadar protein, warna, aroma, tekstur, dan kekenyalan (chewiness), namun tidak berpengaruh terhadap respon kadar air dan rasa. Tepung sagu berpengaruh terhadap respon kadar protein, kadar air, warna, aroma, dan kekenyalan (chewiness), namun tidak berpengaruh terhadap respon oraganoleptik rasa dan tekstur. Interaksi konsentrasi tinta cumi-cumi dan tepung sagu berpengaruh terhadap kadar protein, aroma, tekstur,dan kekenyalan (chewiness), tetapi tidak berpengaruh terhadap respon kadar air, warna, dan rasa. Kata Kunci : satsuma age ikan patin, ikan patin, tinta cumi-cumi, tepung sagu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:06
Last Modified: 10 Oct 2018 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38412

Actions (login required)

View Item View Item