PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR PARA MAHASISWA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (Survey Pada Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

INDRA SEPTIANA AJI, 145020044 (2018) PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR PARA MAHASISWA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (Survey Pada Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana persiapan dan pelaksanaan praktik micro teaching mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (ii) bagaimana keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (iii) seberapa besar pengaruh praktik micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan sampel berjumlah 201 mahasiswa. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Persiapan dan pelaksanaan praktik micro teaching pada program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor rata-rata yaitu 4,09 ada pada kategori sangat baik. (ii) Keterampilan mengajar yang dimiliki mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar menunjukan hasil yang sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor rata-rata berada pada 4,40 yaitu ada pada kategori sangat baik. (iii) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh praktik micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dengan nilai R 2 sebesar 0,258 yang dapat ditafsirkan bahwa praktik micro teaching memiliki kontribusi sebesar 25,8% terhadap keterampilan mengajar para mahasiswa. Sebagai akhir penelitian ini, penulis memberikan saran kepada pihakpihak terkait yakni: (i) bagi mahasiswa, setelah melaksanakan praktik micro teaching diharapkan mampu mengembangkan keterampilan mengajar pada saat real teaching. (ii) bagi kelembagaan FKIP/UNPAS, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan upaya meningkatkan keterampilan mengajar para mahasiswa melalui praktik micro teaching ke arah yang lebih baik lagi. (iii) bagi dosen, diharapkan memberikan penjelasan atau penguatan dalam mata kuliah yang berhubungan atau terkait dengan micro teaching, yang akan meningkatkan dan mengembangkan keterampilan mengajar para mahasiswa. (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru bagi pengembangan ilmu pendidikan. Kata Kunci: Praktik Micro Teaching, Keterampilan Mengajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:34
Last Modified: 10 Oct 2018 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38396

Actions (login required)

View Item View Item