Ina Purwanti, NPM. (2016) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah serta Mengurangi Kecemasan Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ARTIKEL.docx Download (50kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitan ini bermaksud untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah serta kecemasan matematissiswa melalui pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen di SMP Kartika X-1 Bandung, yang melibatkan 38 siswa kelas reciprocal teaching dan 34 siswa kelas konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah serta skala kecemasan matematis siswa.Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, dan Uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah); (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah); (3) kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran reciprocal teaching lebih rendah daripada siswa dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah siswa, serta terdapat korelasi negatif antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah dengan kecemasan matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah, kecemasan matematis, Reciprocal Teaching
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 04 Jun 2016 03:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3839 |
Actions (login required)
View Item |