PENGARUH PERBANDINGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra L) DENGAN SARI UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L var Ayamurasaki) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MIX JUICE “BERRYBU”

Cici Heniati, 133020168 and Ina Siti Nurminabari, Ds (2018) PENGARUH PERBANDINGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra L) DENGAN SARI UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L var Ayamurasaki) TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MIX JUICE “BERRYBU”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
syarat wisuda.pdf

Download (281kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh perbandingan sari black mulberry dan sari ubi ungu terhadap sifat organoleptik dan aktivitas antioksidan mix juice “berrybu”. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan meliputi analisis kadar gula total dan aktivitas antioksidan pada bahan baku, sedangkan penelitian utama terdiri dari: (1) Rancangan perlakuan, (2) Rancangan percobaan, (3) Rancangan analisisis, dan (4) Rancangan respon. Rancangan percobaan yang dilakukan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 1 faktor 5 taraf yaitu perbandingan sari black mulberry dan sari ubi jalar ungu (A) yang terdiri dari: a1 (1 : 1), a2 (2 : 1), a3 (3 : 1), a4 (4 : 1), dan a5 (5 : 1). Rancangan respon pada penelitian meliputi respon kimia dan respon organoleptik. Respon kimia terdiri dari uji aktivitas antioksidan (metode DPPH) dan respon organoleptik terdiri dari warna,rasa,aroma serta viskositas yang dilakukan dengan uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara perbandingan sari black mulberry dan sari ubi ungu terhadap aktivitas antioksidan dan respon organoleptik mix juice “berrybu”. Kata Kunci : Black Mulberry, Ubi Jalar Ungu, Antioksidan, Mix Jus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:21
Last Modified: 10 Oct 2018 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item View Item