PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ELGI KUSWANDI, 145030097 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR PUSTAKA edit.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis merupakan suatu penyelidikan untuk memecahkan masalah pada suatu pembelajaran dan digunakan sebagai alat pengembang kreativitas anak untuk berpikir dan mengolah nalar secara lisan maupun tulisan. Metode make a match adalah sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemampuan sosial terutama kemampuan berpikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan dibantu kartu. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot dengan Menggunakan Metode Make A Match Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Kelas X SMK Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Permasalahan yang penulis rumuskan yaitu mampukan penulis melaksanakan dan merencanakan pembelajaran menganalisi struktur dan kebahasaan teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas X. Mampukah peserta didik kelas X SMK Nasional Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan dengan tepat. Efektifkah model Make A Match diterapkan dalam pembelajaran menganalis struktur dan kebahasaan teks anekdot terhadap peserta didik kelas X SMK Nasional Bandung dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis, peserta didik, serta keefektifan metode make a match. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre eksperimen jenis one group pretest postest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya, yaitu hasil penilaian sikap pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih unggul dengan nilai rata-rata 3,38 sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 3,32. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata postes peserta didik kelas eksperimen sebesar 76,68 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel yakni 8,14 > 2,34. Berbeda halnya dengan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata postes 56,68 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel yakni 6,09 > 1,6. Kata Kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Struktur, Kebahasaan, Metode Make A Match.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:25
Last Modified: 10 Oct 2018 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38374

Actions (login required)

View Item View Item