PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

BAYU CIPTA NUGRAHA, 145060119 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Selagedang Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur yang disebabkan karena siswa tidak saling membantu sesama anggota kelompok, setiap anggota kelompok tidak mau memecahkan masalah bersama-sama sehingga tidak adanya kesepakatan, tidak bisa saling menghargai kontribusi setiap anggota kelompok, tidak berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung, dalam kesehariannya siswa hanya mendengarkan ketika guru menjelaskan materi, dan pembelajaran berpusat pada guru serta cara mengajar guru masih konvensional serta tidak menerapkan teknik pemecahan masalah yang tepat pada saat pembelajaran sehingga siswa sulit untuk memahami isi materi dan menyelesaikan tugas. Maka dari itu perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan pada kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan 2 siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV A dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan kerjasama siswa mencapai 73% lalu pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88% siswa dapat bekerjasama. Kemudian hasil belajar siswa siklus I sebesar 23% dan siklus II sebesar 100%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 75 dan siklus II sebesar 88. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh peneliti menggunakan model PBL dinyatakan berhasil dan hasil akhir penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Kata Kunci: kerjasama, Hasil Belajar, Model PBL (Problem Based Learning)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:49
Last Modified: 10 Oct 2018 01:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38335

Actions (login required)

View Item View Item