PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN ISI BERBAGAI RESENSI UNTUK MENEMUKAN SISTEMATIKA RESENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI SMKN 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HARI RAHMAD BAKHTIAR, 145030246 (2018) PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN ISI BERBAGAI RESENSI UNTUK MENEMUKAN SISTEMATIKA RESENSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI SMKN 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa inggris.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.docx.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan membaca peserta didik dalam membandingkan teks resensi. Untuk meningkatkan keterampilan membaca, pada penelitian ini penulis menggunakan metode cooperative script. Metode cooperative script memiliki tujuan agar peserta didik diantaranya dapat menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, serta daya berpikir kritis mengajarkan siswa untuk percaya pada kemampuan sendiri untuk berpikir, dan mencari informasi. Tujuan lain metode cooperative script membuat peserta didik memudahkan siswa berdiskusi dan melakukan interaksi sosial, dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental dengan desain pretest postest control group desain. Hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu, : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran membandingkan teks resensi menggunakan metode cooperative script. Terbukti pada perolehan nilai perencanaan pembelajaran 3,6 dan pelaksanaan 3,68. 2) peserta didik SMKN 11 Bandung kelas eksperimen mampu membandingkan teks resensi menggunakan metode cooperative script dengan baik. Terbukti dengan perolehan rata-rata pretes sebesar 53 dan rata-rata postes sebesar 85,83. 3) metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran membandingkan teks resensi di kelas eksperimen SMKN 11 Bandung. Terbukti dengan hasil uji t yang menunjukkan thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol, yaitu 0,008-0,004. 4) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Terbukti dengan nilai rata-rata pretes sebesar 53 dan rata-rata postes sebesar 85,83 dengan selisih 32,83 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 54 dan rata-rata postes sebesar 79,66 dengan selisih 25,66. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, mka penelitian yang dilakukan penulis dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci: pembelajaran, membandingkan, resensi, metode cooperative script

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:45
Last Modified: 10 Oct 2018 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38333

Actions (login required)

View Item View Item