Subhan Gustiar Rosada, 113040260 and Leony Lidya, DS (2018) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB UNTUK ANAK-ANAK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
113040260 - Artikel Pendaftaran Wisuda.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh bangsa Arab dan Sekitarnya. Bahasa Arab juga digunakan dalam pembelajaran dasar ilmu Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Pembelajaran bahasa Arab tidaklah mudah, karena bahasa Arab memiliki macam cabang ilmu. Ilmu yang mempelajari penyusunan kata dengan benar adalah ilmu Nahwu. Oleh sebab itu sangat dianjurkan pembelajaran dilakukan sejak masa kanak-kanak, dengan memperkenalkan terlebih dahulu macam kosakata, koakata dalam bahasa Arab biasa disebut Mufrodat. Mufrodat adalah istilah lain dalam bahasa Arab untuk pembelajaran kosakata yang diambil dari kata Mufrod (Jenis Kata Tunggal). Mufrodat merupakan tingkatan paling dasar dalam ilmu Nahwu. Mufrodat sering digunakan dalam pembelajaran kosakata untuk anak-anak dengan memperkenalkan terlebih dahulu kata-kata umum atau yang sudah dikenali. Pembelajaran kosakata sering dilakukan dengan mempergunakan media permainan atau Game. Media permainan atau Game adalah aplikasi yang melibatkan satu atau lebih pemain dengan Aturan, Tujuan, Tantangan, Kesenangan dan Hasil, menggunakan animasi video dan komputer bertujuan sebagai media pembelajaran dan hiburan. Dengan menggunakan media ini kita dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan anak dalam belajar kosakata baru. Oleh karena itu penulis berencana untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk anak-anak, dan hasil penelitian ini adalah rancangan aplikasi pembelajaran kosakata. Kata kunci : Bahasa Arab, Mufrodat, Game.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 02:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38330 |
Actions (login required)
View Item |