Dwi Putra Kurnia, 145020116 (2018) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF KELOMPOK SISWA DI SMK NEGERI 3 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Pemasaran 4 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-II.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
BAB-III.pdf Download (948kB) | Preview |
|
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
||
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini banyak berpengaruh dalam proses pembelajaran, Keterlibatan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam membantu proses pembelajaran, selain dunia pendidikan yang tidak bisa terlepas hubungannya dengan teknologi, juga berguna dalam menghadapi dunia kerja. Salah satu jenis media elektronik yang sudah banyak digunakan di dunia pendidikan adalah Komputer. Pembelajaran konvensional yang dirasa membosankan membuat peserta didik sering mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Dari permasalahan tersebut peneliti membuat rumusan masalah yaitu Seberapa besar peningkatan berfikir kreatif siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Photoshop. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Adobe Photoshop terhadap hasil belajar siswa dengan metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (Non-designs) One Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X PM 4 SMKN 3 Bandung dengan Objek 32 orang. Teknik pengambilan data dengan pemberian soal posttest untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan media berbasis Adobe Photoshop dalam Pembelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permintaan dan penawaran dalam perekonomian Indonesia. Hasil penelitian yang didapat pada pengujian paired samples test dengan taraf signifikan sebesar 5% (0.05) didapatkan nilai sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil pretest dan posttest. Dengan pengaruh variabel bebas yaitu Media Pembelajaran berbasis Adobe Photoshop (X) terhadap variabel terikat yaitu berfikir kreatif (Y) adalah sebesar 28,4% dengan interpretasi cukup dan Rata-rata N-Gain sebesar 0,40 yang termasuk ke interpretasi sedang (average) (0,30 < g < 0,70). Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran berbasis adobe photoshop lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya dilakukan di dalam kelas. Kata kunci : Media Pembelajaran Berbasis Adobe Photoshop, Berfikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 08:21 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38314 |
Actions (login required)
View Item |