PENGARUH IMPLEMENTASI RESOLUSI DK PBB 1325 TENTANG PEREMPUAN, PERDAMAIAN DAN KEAMANAN TERHADAP PENINGKATAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM KONFLIK DI SURIAH

Ani Mariani, 142030146 (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI RESOLUSI DK PBB 1325 TENTANG PEREMPUAN, PERDAMAIAN DAN KEAMANAN TERHADAP PENINGKATAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM KONFLIK DI SURIAH. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Perempuan dalam konflik bersenjata seringkali menjadi sasaran kejahatan kemanusiaan secara langsung maupun tidak langsung dari konflik yang terjadi, diantaranya adalah kekerasan berbasis gender, seperti kekerasan seksual, pemerkosaan, penculikan, penahanan, penyiksaan, penembakan bahkan pembunuhan. kejahatan kemanusiaan terhadap kaum perempuan tersebut terjadi di Suriah, Suriah mengalami Konflik sejak tahun 2011 antara pemerintah Suriah, pihak oposisi dan kelompok jihadis. Konflik besenjata memberikan pengaruh terhadap relasi gender dalam hubungannya dengan perempuan, karena dilihat dari posisinya yang selalu menjadi korban, maka adanya hukum yang mengatur mengenai perlindungan perempuan dalam konlik serta peran perempuan dalam proses perdamaian sangat penting, dalam hal ini tercantum dalam resolusi DK PBB 1325 tentang perempuan, perdamaian dan keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh implementasi resolusi DK PBB 1325 terhadap peingkatan pemberdayaan perempuan dalam konflik di Suriah. Pendekatan atau metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk destriptive-explanatory. Sedangkan teknik pengumulan data melalui studi kepustakaan berupa media elektronik, buku dan lain sebagainya guna penunjang teori atau konsep yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak kejahatan perang terhadap perempuan yang terjadi di Suriah. Hal tersebut mengakibatkan adanya pergerakan perdamaian oleh perempuan di Suriah serta upaya-upaya yang di lakukan dalam mencapai perdamaian yang di lakukan oleh aktifis-aktifis perempuan di Suriah yang sesuai dengan resolusi DK PBB 1325. Kata kunci: Konflik, Perempuan, Resolusi, PBB.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:40
Last Modified: 09 Oct 2018 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38053

Actions (login required)

View Item View Item