PERENCANAAN ULANG TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU IMPOR KHUSUS RODA DUA DENGAN METODE CLASS BASED STORAGE POLICY (STUDI KASUS : PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT TAMBUN I)

ISNA ADITYA HANDAYANI, 143010202 (2018) PERENCANAAN ULANG TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU IMPOR KHUSUS RODA DUA DENGAN METODE CLASS BASED STORAGE POLICY (STUDI KASUS : PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT TAMBUN I). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ISNA ADITYA HANDAYANI (143010202).pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISNA ADITYA HANDAYANI (143010202).pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Gudang adalah fasilitas khusus yang bersifat tetap, yang dirancang untuk mencapai target tingkat pelayanan dengan total biaya yang paling rendah. Pada PT.Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun I, bahan baku terbagi menjadi dua yaitu bahan baku domestik dan bahan baku impor. Pada gudang bahan baku impor khusus roda dua di PT.Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun I, bahan baku yang ada disusun secara acak atau randomized storage. Penyusunan bahan baku secara acak juga dipengaruhi oleh kurangnya lahan yang tersedia untuk penyimpanan bahan baku impor, yaitu seluas 175 m2. Pada gudang ini, bahan baku yang disimpan belum merata dalam proses penyusunannya, sehingga mengakibatkan diperlukannya lahan yang luas dalam proses penyimpanannya. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas dengan melakukan perbaikan tata letak dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Class Based Storage Policy. Pada perancangan ulang tata letak gudang ini berdasarkan kepada kesamaan jenis motor menurut kepada metode AHP. Dengan menggunakan metode tersebut, maka didapatkan penurunan jarak perpindahan dari layout awal yang asalnya sebesar 4798.96 m menjadi 2168.11 m atau mengalami penurunan sebesar 54.82%. Sehingga didapatkan pula penuruna Ongkos Material Handling (OMH) pada gudang bahan baku impor khusus roda dua di PT.Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun I. Kata Kunci: Tata letak, AHP, Class Based Storage Policy, Ongkos Material Handling (OMH)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:29
Last Modified: 09 Oct 2018 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38029

Actions (login required)

View Item View Item