USULAN PERBAIKAN RANCANGAN KEMASAN PRODUK BUBUK DENGAN MENGGUNAKAN HOUSE OF QUALITY FASE 1 DAN 2 SERTA PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : IKM KOPI SAHABAT PRODUK KOPI DURIAN)

Aidil Fitri Ansyah, 143010194 (2018) USULAN PERBAIKAN RANCANGAN KEMASAN PRODUK BUBUK DENGAN MENGGUNAKAN HOUSE OF QUALITY FASE 1 DAN 2 SERTA PETA MORFOLOGI (STUDI KASUS : IKM KOPI SAHABAT PRODUK KOPI DURIAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
143010194_Aidil Fitri Ansyah.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
143010194_Aidil Fitri Ansyah.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi Sahabat merupakan salah satu IKM yang ada di Kota Lubuk Linggau bergerak dibidang produksi kopi bubuk hitam dan kopi bubuk rasa durian. IKM Kopi Sahabat selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas produk serta penggunaan kemasan yang lebih baik, karena semakin ketatnya persaingan dan munculnya berbagai jenis kopi yang masuk ke Indonesia akibat kawasan ekonomi terintegrasi di wilayah Asia Tenggara dengan kemasan produk yang lebih unggul. Hal ini terkait dengan munculnya pengemasan yang digunakan pesaing untuk produk kopi durian yang lebih unggul. Kemasan kopi durian yang digunakan saat ini mempunyai beberapa keluhan dari konsumen yaitu adanya penggumpalan serbuk didalam kemasan menimbulkan bau serta rasa asam dan dapat merusak kualitas kopi durian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan dalam perancangan ulang kemasan produk kopi durian dengan mempertimbangkan keinginan konsumen dalam pengembangan desain kemasan produk agar dapat mengatasi permasalahan kemasan yang telah digunakan saat ini. Berdasarkan hasil rancangan dari HOQ dan peta morfologi maka didapatkan hasil rancangan akhir yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga dapat meningkatkan kembali penjualan produk kopi durian yaitu sebagai berikut : Bahan alumunium foil dengan ketebalan > 150 mikron sebagai pengemasan dasar dan bahan paperkraft sebagai pengemasan tambahan, bentuk kemasan standing pouch dengan aroma button (valve) agar gas yang dikeluarkan oleh kopi durian dapat keluar melalui lubang kecil valve supaya tidak adanya penggumpalan produk didalam kemasan, ukuran kemasan 14 x 23 x 7 cm dengan berat bersih produk 210 gr, nama produk, produsen dan logo produk dilampirkan pada bagian depan kemasan, informasi mengenai komposisi bahan produk, nilai gizi dan informasi keunggulan produk dilampirkan pada bagian belakang kemasan, keterangan ijin dinas kesehatan, kadaluarsa produk, dan keterangan halal dilampirkan pada bagian belakang kemasan, kode produksi, berat bersih produk dilampirkan pada bagian depan kemasan dan barcode produk dilampirkan dibagian belakang kemasan, tinta cetak menggunakan tinta pigment, dan jenis penutup kemasan seal zipper. Kata Kunci : Kemasan Produk, House of Quality, Peta Morfologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:15
Last Modified: 09 Oct 2018 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38024

Actions (login required)

View Item View Item