PERAN UNITED NATION WOMEN DALAM MENANGANI DISKRIMINASI TERHADAP KAUM WANITA DI AFGHANISTAN (THE ROLE OF UNITED NATION WOMEN IN DEALING WITH DISCRIMINATION AGAINST WOMEN IN AFGHANISTAN)

Egie Cinthia Hapsari, 142030070 (2018) PERAN UNITED NATION WOMEN DALAM MENANGANI DISKRIMINASI TERHADAP KAUM WANITA DI AFGHANISTAN (THE ROLE OF UNITED NATION WOMEN IN DEALING WITH DISCRIMINATION AGAINST WOMEN IN AFGHANISTAN). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (32kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR.docx

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)

Abstract

Pemberdayaan wanita merupakan langkah yang diambil oleh sekelompok aktor guna menciptakan kondisi penghidupan yang lebih layak dalam mendapatkan hak-hak mereka sebagai manusia. Ketimpangan antara kaum wanita dan laki-laki dalam berbagai aspek telah menjadi fenomena yang sering kita temui di berbagai Negara. Kaum wanita kerap kali menjadi korban dan mengalami dampak buruk yang berkepanjangan akibat dari konflik yang terjadi pada suatu negara. Afghanistan merupakan negara yang masih menghadapi aksi teroris yang menggangu pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga dikatakan termasuk negara miskin. Kemudian Perang saudara yang berlangsung panjang telah melenyapkan hak asasi wanita dan golongan-golongan lain. Diskriminasi terhadap kaum wanita mencapai tingkat baru dengan munculnya kekuasaan Taliban. Kelompok Taliban merupakan gerakan nasionalis Islam Sunmi yang populasinya berada di daerah timur dan selatan Afghanistan. Dengan mulai berkuasanya Taliban, tingkat kekerasan dan ketidakadilan di Afghanistan meningkat. Adanya ketidaksetaraan terhadap kaum wanita di Afghanistan menuai perhatian UN Women sebagai badan yang bergerak di bidang pemberdayaan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari UN Women dalam menangani permasalahan kaum wanita di Afghanistan dan kendala yang dihadapi UN Women dalam mengakhiri diskriminasi terhadap kaum wanita di Afghanistan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif – analitis dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka yang bersumber dari dokumen, jurnal, buku dan website yang valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Un Women dalam menangani diskriminasi terhadap kaum wanita di Afghanistan tidak lepas dari berbagai macam kendala. Namun, program-program yang dijalankan oleh UN Women tetap memiliki dampak yang cukup besar terutama dalam peningkatan kesadaran mengenai pentingnya peran wanita dalam suatu Negara. Kata kunci : UN Women, Afghanistan, Feminisme, Organisasi Internasional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:30
Last Modified: 09 Oct 2018 01:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37988

Actions (login required)

View Item View Item