PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Pada Kantor BPKAD Pemerintah Kota Bandung)

ADITYA, 124020282 and Pembimbing 1, Prof. Dr. H. Tubagus Hasanudin M.Sc.,C.P.A and Pembimbing 2, Mochamad Ridwan.,SE., MSi., AK., CA (2018) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Pada Kantor BPKAD Pemerintah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN 1.docx

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK 1.doc

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.jpg

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (159kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (aditya).docx

Download (13kB)
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD) dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian ini adalah 66 orang, sampel penelitian yang digunakan adalah 35 orang dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD) dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan daerah. dimana besarnya pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD) sebesar 39,6%, dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) memberikan pengaruh sebesar 22,3% terhadap kualitas laporan keuangan daerah. secara simultan sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD) dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 76,8%, sedangkan sisanya sebesar 23,2% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel independen yang sedang diteliti, seperti kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan dan pemanfaatan teknologi informasi. Kata Kunci: Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Kualitas Laporan Keuangan Daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:54
Last Modified: 08 Oct 2018 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37964

Actions (login required)

View Item View Item