TANGGUNG JAWAB JASA PERHOTELAN TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA KONSUMEN ATAS HILANGNYA MOBIL DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Arif Yanto, 131000228 (2018) TANGGUNG JAWAB JASA PERHOTELAN TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA KONSUMEN ATAS HILANGNYA MOBIL DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Hotel adalah salah satu penunjang perkembangan perekonomian Negara kita, maka dalam pelayanan jasa perhotelan terhadap konsumen harus baik, karena ada kalanya pelayanan yang diberikan mengecewakan baik penyediaan fasilitas yang bersifat fisik maupun nonfisik, seperti pelayanan yang kurang ramah, seperti yang terjadi padahotel d”Batoe Boutique dimana mobil milik salah seorang konsumen dari hotel tersebut yang diparkir di area parkir hotel d”Batoe Boutique telah hilang pada saat konsumen tersebut akan chek-out. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis usaha jasa perhotelan terhadap kerugian yang diderita konsumen atas hilangnya mobil yang diparkir di lingkungan hotel, akibat hukum terhadap hilangnya mobil yang dialami oleh konsumen di Hotel d”Batoe Boutique dikaitkan dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta cara penyelesaian masalah jasa perhotelan terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hokum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normative yaitu Analisa terhadap peraturan dalam Undang-UndangNomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang terkait dengan hal-hal yang menjadi permasalahan. Tahap penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan yakni mengumpul kansumber data primer, sekunder dantersier, dilanjut-kan dengan penelitian lapangan melalui dialog dan tanya jawab dengan pihak-pihak yang akan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitustudidokumen yang menelaah data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier dan penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu data kepustakaan dan data lapangan serta analisis data secara yuridis kualitatif yaitu tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis yaitu data yang diperoleh baik data sekunder maupun data primer apa yang ditanyakan oleh responden secara tertulis atau lisan, diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa terjadinya atas hilangnya mobil Bapak Selamet yang diparkir di lingkungan Hotel D”batoe Boutique saat Bapak Selamat memberikan dompet kunci mobil kepada security Hotel D”batoe Boutique,ketika Bapak Selamat hendak chek-out mobil yang dititipkan telah hilang, yang mana hilangnya mobil Bapak Selamat telah bertentangan dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta perbuatan security Hotel D”batoe Boutique merupakan perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 1365 KUHPerdata, akibat hukum terhadap hilangnya mobil yang dialami oleh konsumen Bapak Selamat di Hotel D”batoe Boutique berdasarkan Pasal 19 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menyatakan bahwa Pelaku usaha bertanggungjawab memberikan gantirugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan, penyelesaian masalah terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen Bapak Selamat atas hilangnya mobil yang diparkir di Hotel D”batoe Boutique berdasarkan Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat diselesaikan melalui jalur pengadilan atau diluar pengadilan. Kata Kunci: Tanggungjawab, Jasa, Perhotelan, dan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:38
Last Modified: 08 Oct 2018 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37946

Actions (login required)

View Item View Item