ASPEK HUKUM TINDAKAN DILUAR KEWENANGAN (ULTRA VIRES) MANAGER PT.SUKANDA DJAYA ATAS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERUSAHAAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS JO UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Ari Renaldy, 141000045 (2018) ASPEK HUKUM TINDAKAN DILUAR KEWENANGAN (ULTRA VIRES) MANAGER PT.SUKANDA DJAYA ATAS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERUSAHAAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS JO UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Perkembangan arus globalisasi, dan kerjasama dalam bidang perdagangan dan jasa, berkembang sangat pesat. Salah satunya di bidang tenaga kerja dan perusahaan. Seiring berjalannya pembangunan, banyak yang mendirikan perusahaan. Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus, bekerja serta berkedudukan di Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan laba. Dalam pelaksanaannya dibuatlah perjanjian kerja, dengan salah satu perusahaan yaitu PT Sukanda Djaya. Dalam hubungan tersebut, dibuatlah perjanjian kerja.Namun, terdapat permasalah dalam bagian pengupahan, dikarnakan manager utama melakukan tindakan diluar kewenangan (Ultra Vires) dan Standar Operasional Prosedur dengan memaksa para pekerja untuk memebeli barang yang dekat dengan tanggal kadaluarsa. Dari hal tersebut, maka perlu dikaji, mengenai bagaimana terjadinya tindakan diluar kewenangan yang dilakukan oleh manager utama PT Sukanda Djaya terhadap Pekerja, akibat hukum dari tindakan diluar kewenangan (Ultra Vires), dan penyelesaian dari tindakan diluar kewenangan (Ultra Vires) yang dilakukan manager utama PT Sukanda Djaya atas Standar Operasional Prosedur Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis, yaitu menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis, tentang tindakan diluar kewenangan (Ultra Vires) yang dilakuakan manager utama PT Sukanda Djaya atas standar operasional prosedur. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif, yaitu metode yang bertujuan mencari asas, kaidah, dan norma atau das sollen dan perilaku atau das sein. Tahap penelitian, meliputi penelitian kepustakaan, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk mendapatkan data sekunder dan penelitian lapangan, yakni suatu cara untuk memperoleh data primer sebagai pendukung data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, tindakan diluar kewenangan (Ultra Vires) yang dilakukan oleh manager utama PT Sukanda Djaya, berupa adanya pelanggaran yang dilakukan oleh manager utama PT Sukanda Djaya atas Standar Operasional Prosedur yang seharusnya barang yang mendekati barang kadaluarsa dalam Standar Operasional Prosedur di musnakan oleh pihak ketiga akan tetapi manager PT Sukanda Djaya menjualnya kepada karyawan sehingga terjadi pemaksaan pembelian barang yang sudah dekat dengan tanggal kadaluarsa atau tidak gaji dipotong secara sepihak. Penyelesaian yang timbul akibat perilaku manager PT Sukanda Djaya diselesaikan dengan cara alternatif penyelesaian sengketa melalui konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi atau penilaian ahlo, juga melalui bipartit dengan cara musyawarah mufakat, Tripartit dengan cara mediasi dibantu dengan Pemerintah. Kata kunci : Ultra Vires, Standar Operasioanl Prosedur, Ketenagakerjaan .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:16
Last Modified: 08 Oct 2018 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37935

Actions (login required)

View Item View Item