PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III B SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung)

Saepul Mubarok, 145060132 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III B SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak Indonesia.pdf.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Inggris.pdf.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Sunda.pdf.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf.pdf

Download (931kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema perkembangbiakan tumbuhan di kelas III B SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung dengan menggunakan model project based learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase sebesar 17%, siklus II sebesar 47%, dan siklus III sebesar 77% dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58, siklus II 65, dan siklus III 70. Sikap peduli siswa memperoleh nilai pada siklus I dengan persentase sebesar 17%, siklus II sebesar 50%, dan siklus III sebesar 80 % dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62, siklus II 69, dan siklus III 74. Keterampilan siswa memperoleh nilai pada siklus I sebesar 20%, siklus II 57%, dan siklus III sebesar 80% dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62, siklus II sebesar 70, dan siklus III sebesar 74. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema perkembangbiakan tumbuhan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran project based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:10
Last Modified: 08 Oct 2018 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37931

Actions (login required)

View Item View Item