PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

SYARAH AULIA TASYA, 144020132 and Pembimbing I, Bardjo Sugeng., SE., MSi., AK., CA (2018) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1 COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang dapat digunakan oleh para pihak eksternal yang memiliki kepentingan terhadap suatu perusahaan. Tujuan dari penerbitan laporan keuangan adalah untuk dapat memberikan gambaran kepada pihak eksternal mengenai keadaan yang terjadi dalam suatu perusahaan, baik itu berupa keadaan operasional maupun keadaan finansial perusahaan tersebut. Oleh karena itu, laporan keuangan sering menjadi sasaran para manajer perusahaan untuk melakukan praktik manajemen laba untuk tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Return On Asset (ROA), Debt Equity Ratio (DER), Deferred Tax Expense (DTE) dan Disrectionary Accrual (DAC). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 berjumlah 42 perusahaan. Metode penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total sampel 10 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi sebesar 22%. Leverage secara parsial berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi sebesar 16%. Sedangkan beban pajak tangguhan secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba karena hanya memberikan kontribusi sebesar 1,3%. Secara simultan profitabilitas, leverage dan beban pajak tangguhan berpengaruh terhadap manajemen laba dengan kontribusi 39,3% pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Beban Pajak Tangguhan dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:00
Last Modified: 08 Oct 2018 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37928

Actions (login required)

View Item View Item