UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada tema Perkembangan Teknologi subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan disekolah kelas III SDN Gumuruh 9)

TRESNA PRATIWI, 135060276 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada tema Perkembangan Teknologi subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan disekolah kelas III SDN Gumuruh 9). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi....pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Indonesia....pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak B. Inggris....pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak B. sunda....pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Discovery Learning pada subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Gumuruh 9 dan dilator belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiridari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu, hasil belajar siklus I 70 % II 78% dan hasil belajar siklus III rata-rata nilai mencapai 95%. Respon siswa pada siklus I 68%, siklus II 77% dan mengalami peningkatan pada siklus III 97. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan di kelas III SDN Gumuruh 9. Dengandemikian, penggunaan Model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Respon siswa, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:55
Last Modified: 08 Oct 2018 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37926

Actions (login required)

View Item View Item