TRESNA PRATIWI, 135060276 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada tema Perkembangan Teknologi subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan disekolah kelas III SDN Gumuruh 9). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi....pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak Indonesia....pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak B. Inggris....pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak B. sunda....pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Discovery Learning pada subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Gumuruh 9 dan dilator belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiridari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu, hasil belajar siklus I 70 % II 78% dan hasil belajar siklus III rata-rata nilai mencapai 95%. Respon siswa pada siklus I 68%, siklus II 77% dan mengalami peningkatan pada siklus III 97. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema Perkembangan Teknologi dan Pangan di kelas III SDN Gumuruh 9. Dengandemikian, penggunaan Model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Respon siswa, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37926 |
Actions (login required)
View Item |