EVALUASI KINERJA APARATUR DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN BANDUNG (Studi Pengelolaan Operasional Pasar Tradisional di Pasar Soreang Kabupaten Bandung)

MUHAMAD RESTU PUJIATMAJA, 142010130 (2018) EVALUASI KINERJA APARATUR DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN BANDUNG (Studi Pengelolaan Operasional Pasar Tradisional di Pasar Soreang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
14. BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
13. BAB I.docx

Download (414kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (70kB)
[img]
Preview
Image
20180709040652_001.jpg

Download (426kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan operasional pasar tradisionalmerupakansuatuusahauntukmengambiltindakan agar kegiatan pengelolaan operasional pasar tradisionalberlangsungsebagaimanaperuntukannya. Kabupaten Bandungmemilikicukupbanyak pasar tradisionalsebagaikawasanuntukperpasaran. Pemerintah Daerah melaluiDinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung membebankantugasdalamsegalaurusanperpasaran. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan dan menganalisissejauhmanaEvaluasiKinerjaAparatur DinasPerdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung (Studi Pengelolaan Operasional Pasar Tradsisional di Pasar Soreang Kabupaten Bandung). Dalamlaporanhasilpenelitianiniakandibahasmengenaikinerjaaparaturdalammengelola operasional pasar tradisional di Pasar Soreang, hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukanDinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandunguntukmengatasihambatan-hambatandalamkegiatanpengelolaanoperasional pasar tradisional. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianfenomenologipendekatankualitatif. Adapunteknikpengumpulan data yang digunakanadalahpenelitiankepustakaan dan penelitianlapanganmeliputiobservasipartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Dalampenelitianini yang menjaditolakukur pada EvaluasiKinerjadalampengelolaanoperasional pasar tradisionaladalahteoriT.R. Mitchell yang dikutip oleh Sedarmayantidalambukunya “SumberDayaManusia dan ProduktivitasKerja” (2009 : 51) terdapatbeberapaaspekyaitu, KualitasKerja (Quality of work), Ketepatan Waktu (Pomptness), Inisiatif (Initiative), Kemampuan(Capability), dan Komunikasi(Communication). Pihakpihak yang dijadikaninformandalampenelitianiniadalahKepalaDinasPerdagangandan Perindustrian Kabupaten Bandung, KepalaBidangPasar, Kepala UPT Pasar Soreang, Staff UPT Pasar Soreang, Pegawai Pasar Soreang, dan Penggunajasa pasar tradisional. Terdapatbeberapakendala yang dihadapidalammelakukanpengelolaan pasar tradsional,beberapadiantaranyayaitu, anggaran, belumoptimalnyaSumberDayaManusia, minimnyasarana dan prasanasertasulitnyabagiDinasPerdagangan dan Perindustrian memberikan rasa nyamankepadamasyarakat pengguna pasar tradisional.Adapunupaya yang dilakukandiantaranyamelakukanpembenahandarisisianggaran, melakukanpembinaansecaraberkala dan melakukankoordinasirutinkepadapihakpemilikkios. Penelitianinimenunjukanbahwapengelolaanoperasional pasar tradisionaldi Pasar Soreang Kabupaten Bandung sudahdilakukantetapibelum optimal haliniterlihatkarenamasihbanyaknyapasar tradisional yang belum dikelola secara optimal. Kata Kunci: EvaluasiKinerja, Pengelolaan Operasional Pasar Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:33
Last Modified: 08 Oct 2018 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37906

Actions (login required)

View Item View Item