PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Property, Real Estate dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)

Muhammad Iqbal Maulana, 144020095 and Pembimbing 1, R. Moch. Noch, Drs.,M.AK.,AK.,CA and Pembimbing 2, Annisa Adha Minaryanti.,SE.,M.Ak,Ak.,CA (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Property, Real Estate dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover iqbal.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Iqbal .pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II IQBAL.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III IQBAL.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ukuran perusahaan, financial distress terhadap opini audit going concern pada perusahaan property real estate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI periode 2014-2016. Dengan adanya kasus manipulasi data keuangan yang dilakukan oleh perusahaan besar seperti Enron, sehingga banyak pihak yang merasa dirugikan. Auditor harus mengemukakan secara eksplisit apakah perusahaan klien akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya sampai setahun kemudian setelah pelaporan. Ada juga perusahaan yang dinyatakan pailit oleh BEI yang diakibatkan karena kondisi kesehatan keuangannya sakit atau kesulitan keuangan (financial distress) hal tersebut menyebabkan kelangsungan hidup perusahaan tersebut di pertannyakan (going concern). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI berupa laporan keuangan tahunan dan laporan auditor perusahaan property real estate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI periode 2014-2016. Teknik pengambilan sample yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu dan diperoleh 51 perusahaan yang memenuhi kriteria sample. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik dalam penelitian ini tidak memerlukan lagi asumsi normalitas dan heterokedastisitas dan autokorelasi tidak diperlukan untuk diuji. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara parsial ukuran perusahaan dan financial distress berpengaruh terhadap opini audit going concern dengan kontribusi pengaruh ukuran perusahaan memberikan pengaruh sebesar 3,3% terhadap opini audit going concern, dan konstribusi financial distress memberikan pengaruh sebesar 3,0% terhadap opini audit going concern. Sedangkan secara simultan ukuran perusahaan dan financial distress berpengaruh terhadap opini audit going concern dengan konstribusi pengaruh sebesar 9,1% terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:57
Last Modified: 08 Oct 2018 04:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37888

Actions (login required)

View Item View Item