PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN/ ISU, SUDUT PANDANG DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK, DAN SIMPULAN UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPROVE PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MIRNA NURAINI MALYATI, 145030099 (2018) PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN/ ISU, SUDUT PANDANG DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK, DAN SIMPULAN UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPROVE PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN revisi 2.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi 2.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III revisi 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB IV revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menghubungkan Permasalahan/Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak, dan Simpulan untuk Menemukan Esensi Debat dengan Menggunakan Metode Improve pada Siswa Kelas X SMKN 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif ti-daknya metode improve pada pembelajaran menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu, 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan perma-salahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat dengan menggunakan metode improve pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018? 2) Mampukan siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat dengan tepat? 3) Tepatkah metode improve dalam pembelajaran menghubungkan permasalah/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018? dan 4) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 15 Bandung pada kelas eksperimen dengan metode improve dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembe-lajaran menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat dalam menentukan esensi debat dengan menggu-nakan metode improve pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata perencanaan dan pelak-sanaan pembelajaran sebesar 3,72. (2) Peserta didik kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan kemam-puan sebelum di-berikan perlakuan. Hal ini dapat di-buktikan dari nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 49,54, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes yaitu 30,9. (3) Peserta didik kelas eks-perimen dan kontrol mampu menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat dalam menentukan esensi debat setelah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pos-tes yaitu 77,13, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes yaitu 55,63. (4) Model yang digunakan pada kelas ekspe-rimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol. Hal ini dibukti-kan dengan perbandingan t hitung kelas eksperimen > t hitung kelas kontrol yaitu 4,13> 4. Kata kunci: pembelajaran, menghubungkan, metode improve.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:39
Last Modified: 08 Oct 2018 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37859

Actions (login required)

View Item View Item