Jajan Rohjan, DS and Reza M. Surdia, DS and Hendra Aryandi, Alumni (2012) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA KERETA API DIESEL PATAS BANDUNG - CICALENGKA. Infomatek, 14 (1). pp. 61-74. ISSN 1411-0865
Text
6. PL Pak Jajan (61-74).docx Download (75kB) |
Abstract
Seiring dengan bertambahnya penduduk yang tinggal di luar kota Bandung akan tetapi mempunyai kegiatan di Kota Bandung menyebabkan terjadinya pola pergerakan komuter dari para penduduk di sekitar kota bandung pada saat jam sibuk. Pengoperasian Kereta Api (KA) Komuter Bandung - Cicalengka merupakan salah satu upaya untuk melayani kebutuhan transportasi bagi mereka yang setiap hari harus pulang pergi antara Kota Bandung, Ranceekek, Cicalengka dan sekitarnya untuk menjalankan aktifitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat puasan pengguna KA Komuter Bandung – Cicalengka terhadat pelayanan yang di berikan oleh PT.KAI Daop II Bandung yang pada akhirnya merupakan masukan untuk perbaikan sarana dan prasaran kereta api menurut para pengguna. Dalam mencapai tujuan studi ini, maka dilakukan pengumpulan data baik primer maupun sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran quesioner kepada 100 orang pengguna secara acak pada hari kerja (Senin-Jumat) maupun hari libur (Sabtu-Minggu), dimana pengguna diminta menilai terhadap variabel-variabel yang terkait dengan kereta api dan stasiun kereta api. Hasil analisa deskriptif terhadap kuesioner mengindikasikan bahwa mayoritas pengguna KA Komuter adalah pelajar/mahasiswa sebesar (54%), Untuk tingkat pendapatan mayoritas responden memiliki pendapatan rata-rata per bulan antara >Rp 1.500.000,-per bulan yaitu sebesar 43% dari total responden, sedangkan tujuan perjalanan terbanyak adalah sekolah dan kuliah (54%), kendaraan yang digunakan pengguna menuju stasiun naik terbanyak adalah sepeda motor (40%), serta Kendaraan yang di gunakan menuju tujuan akhir terbanyak adalah Angkutan Kota (68%). Sedangkan variabel yang memerlukan perbaikan menurut pengguna kereta api yaitu variabel yaitu keleluasaan ketika berada di dalam kereta api, dan variabel ketersediaan udara/sirkulasi di dalam gerbong kereta api, variabel keamanan di dalam kereta api, variabel ketepatan waktu kedatangan dan variabel ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api dan variabel waktu tunggu kedatangan kereta api, variabel kebersihan di dalam kereta api, dan variabel ketersediaan papan informasi jadwal. Kata kunci : tingkat kepuasan pengguna, kereta api, Bandung-Cicalengka
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2012 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 26 May 2016 09:28 |
Last Modified: | 26 May 2016 09:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3784 |
Actions (login required)
View Item |