PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR PARA MAHASISWA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (Survey Pada Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan dan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia FKIP Universitas Pasundan Tahun Akademik 2017/2018)

Rian Satriawan, 145020006 (2018) PENGARUH PRAKTIK MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR PARA MAHASISWA FKIP UNPAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 (Survey Pada Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan dan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia FKIP Universitas Pasundan Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRACT.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana persiapan dan pelaksanaan praktik micro teaching mahasiswa program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia. (ii) bagaimana keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia. (iii) seberapa besar pengaruh praktik micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan sampel berjumlah 137 mahasiswa. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian sebagai berikut : (i) Persiapan dan pelaksanaan praktik micro teaching pada program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor rata-rata yaitu 3,92 ada pada kategori baik. (ii) Keterampilan mengajar yang dimiliki mahasiswa program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia menunjukan hasil yang baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan bahwa skor rata-rata berada pada 3,86 yaitu ada pada kategori baik. (iii) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh praktik micro teachingterhadap keterampilan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan PKn dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Dengan nilai R 2 sebesar 0,205 yang dapat ditafsirkan bahwa praktik micro teachingmemiliki kontribusi sebesar 20,5% terhadap keterampilan mengajar para mahasiswa. Sebagai akhir penelitian ini, penulis memberikan saran kepada pihak-pihak terkait yakni : (i) bagi mahasiswa, setelah melaksanakan praktik micro teaching diharapkan mampu mengembangkan keterampilan mengajar pada saat real teaching. (ii) bagi kelembagaan FKIP/UNPAS, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan upaya meningkatkan keterampilan mengajar para mahasiswa melalui praktik micro teaching ke arah yang lebih baik lagi.(iii) bagi dosen, diharapkan memberikan penjelasan atau penguatan dalam mata kuliah yang berhubungan atau terkait dengan micro teaching, yang akan meningkatkan dan mengembangkan keterampilan mengajar para mahasiswa. (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru bagi pengembangan ilmu pendidikan. Kata Kunci : Praktik Micro Teaching, Keterampilan MengajarLA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:18
Last Modified: 08 Oct 2018 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37820

Actions (login required)

View Item View Item