FAKTOR VARIABEL MAKRO DAN MIKRO EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT (Studi Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Robby Al Bukhori, 124030030 and pembimbing 1, Dr.H.R. Abdul Maqin ., SE., MP (2018) FAKTOR VARIABEL MAKRO DAN MIKRO EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT (Studi Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan penyaluran kredit yang dilakukan bank-bank umum terus meningkat setiap tahunnya meskipun pada tahun-tahun tertentu terjadi beberapa permasalahan ekonomi seperti peningkatan tingkat inflasi, terdepresiasinya mata uang rupiah terhadap mata uang dollar Amerika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor variabel makro dan mikro ekonomi yang mempengaruhi penyaluran kredit. Adapun variabel makro ekonomi yang digunakan adalah Suku Bunga BI rate, Inflasi, Nilai Tukar dan variabel mikro ekonomi yang digunakan Capital Adequecy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Non Performing Loan (NPL). Objek penelitian ini adalah 24 Bank Umum yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2007-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah regresi data panel dengan menggunakan Random Effect Model. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Suku Bunga BI rate, CAR, dan NPL mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit. Variabel Inflasi, dan Nilai Tukar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit. Sedangkan ROA tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit. Secara simultan variabel Suku Bunga BI rate, Inflasi, Nilai Tukar, CAR, ROA, dan NPL mempunyai pengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit dan memiliki nilai r2 sebesar 65%. Kata Kunci : Penyaluran Kredit, Suku Bunga BI rate, Inflasi, Nilai Tukar, Capital Adequecy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Non Performing Loan (NPL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:07
Last Modified: 08 Oct 2018 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37818

Actions (login required)

View Item View Item