PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Nurul Anisa, 144010177 and pembimbing 1, Dr. H.Jaja Suteja.,SE., MSi and pembimbing 2, Dr. Andre Suryanimprang.,SE., MM (2018) PENGARUH PROFITABILITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR,ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal degan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi Struktur modal sangat penting bagi perusahaan karena menyangkut kebijakan penggunaan sumber dana yang paling menguntungkan dan merupakan bagian dari struktur keuangan sebagai pembelanjaan permanen yang mencerminkan perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri yang dilihat dari sisi aktiva yang mencerminkan struktur kekayaan dan sisi pasiva sebagai struktur keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan struktur aktiva terhadap struktur modal dengan ukuran perusahaan sebagai variable moderasi pada perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 sampai dengan 2016. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebayak 13 perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 sampai dengan 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis data mengunakan model regresi data panel dan Moderated regression analysis dengan alat bantu Eviews 10 dan Microsoft Office 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Profitabilitas dan Struktur Aktiva berpengaruh terhadap Struktur Modal dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 45,68%. Secara parsial, variabel Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal, dan varibel Struktur Aktiva berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal. Secara moderasi, ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan secara negatif antara Profitabilitas terhadap Struktur Modal dan tidak mampu memoderasi hubungan antara Struktur AKtiva terhadap Struktur Modal. Kata kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Oct 2018 09:32
Last Modified: 06 Oct 2018 09:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37802

Actions (login required)

View Item View Item