PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Muhammad Zakaria Permana, 145050018 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN ACC.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN revisi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathemathics Education, serta untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathemathics Education. Menurut NCTM salah satu keterampilan proses yang harus dikuasai siswa melalui pembelajaran matematika yaitu pemecahan masalah. Bandura (1997) menyatakan bahwa self-efficacy menentukan seberapa banyak orang akan berkembang dan seberapa lama mereka akan bertahan menghadapi rintangan, semakin kuat self-efficacy seseorang akan semakin kuat usahanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest yang melibatkan dua kelompok atau dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan Scientific. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Pasirjambu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas 8 G dan 8 H. Sampel dipilih secara acak menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan dua instrumen, yaitu tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficac.Tes kemampuan pemecahan masalah diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan uji mann whitney dan uji two independent sample t-test dengan bantuan program komputer microsoft excel dan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan matematis siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik daripada siswa yang memperoleh pendekatan Scientific; (2) peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh pendekatan Realistic Mathematics Education tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pendekatan Scientific; (3) kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diguanakan dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan pemecahan masalah, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Oct 2018 06:14
Last Modified: 06 Oct 2018 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37780

Actions (login required)

View Item View Item