PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING)

Fida Aulia Nazihah, 145050013 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN FIDA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS FIDA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMP melalui pembelajaran dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa. Sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT dalam kemampuan koneksi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desainnya adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirjambu. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan koneksi matematis dan angket self-concept. Pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Mann Withney dan Uji two Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 23 for windows dan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT untuk kemampuan koneksi matematis berkategori kuat. Dengan demikian pembelajaran dengan strategi REACT dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Concept

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Oct 2018 06:10
Last Modified: 06 Oct 2018 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37776

Actions (login required)

View Item View Item