Fida Aulia Nazihah, 145050013 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN FIDA.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS FIDA.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMP melalui pembelajaran dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa. Sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT dalam kemampuan koneksi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desainnya adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirjambu. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan koneksi matematis dan angket self-concept. Pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Mann Withney dan Uji two Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 23 for windows dan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT untuk kemampuan koneksi matematis berkategori kuat. Dengan demikian pembelajaran dengan strategi REACT dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Concept
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 06:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 06:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37776 |
Actions (login required)
View Item |