IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG RUANG TERBUKA HIJAU DALAM RANGKA MEWUJUDKAN BANDUNG YANG NYAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

FADILAH AHMAD MUHAJIR, 142010124 (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG RUANG TERBUKA HIJAU DALAM RANGKA MEWUJUDKAN BANDUNG YANG NYAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PicsArt_10-06-10.51.35.jpg

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauhmana Implementasi Kebijakan Ruang Terbuka Hijau dalam rangka mewujudkan Bandung yang nyaman dan berwawasan lingkungan (studi kasus perda nomor 7 tahun 2011 tentang pengelolaan ruang terbuka hijau di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan Dan Pertamanan Kota Bandung). Dalam laporan hasil penelitian ini akan dibahas mengenai sejauhmana kebijakan ruang terbuka hijau telah diterpakan di Kota Bandung, hambatan yang dihadapi dan upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan Dan Pertamanan Kota Bandung untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam mengelola ruang terbuka hijau. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yaitu wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kabid Pertamanan, Kasi Pengembangan Pertamanan, Kasi Pembangunan Pertamanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam melakukan implementasi kebijakan ruang terbuka hijau di Kota Bandung, beberapa diantaranya yaitu, ketersediaan Sumber Daya Manusia dilihat dari kualitas dan kuantitas, keterbatasan sumber dana atau anggaran, sangat minimnya sarana dan prasarana pendukung operasional Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan Dan Pertamanan Kota Bandung untuk memelihara RTH di Kota Bandung, kurangnya kesadaran warga masyarakat untuk peduli dan memelihara lingkungan, pihak swasta yang hanya berorientasi komersil, dan kurangnya diklat yang di adakan untuk para pegawainya. Adapun upaya yang dilakukan diantaranya intensifikasi penataan dan pemeliharaan RTH melalui peningkatan kualitas RTH pada lahan yang ada, ekstensifikasi RTH melalui penambahan luasan RTH, penambahan sarana dan prasarana tenaga operasional di lapangan, pengajuan penambahan anggaran dana guna mendukung pemeliharaan RTH, meningkatkan komunikasi dan sosialisasi terhadap seluruh lapisan masyarakat tentang pemeliharaan RTH, dan meningkatkan pola-pola kemitraan terhadap berbagai stakeholder tentang pengelolaan RTH. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Ruang Terbuka Hijau.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018
Depositing User: ms Maoudy Nuraeni -uh
Date Deposited: 06 Oct 2018 04:20
Last Modified: 06 Oct 2018 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37763

Actions (login required)

View Item View Item