PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

TANTI SITI NURHAYATI, 145060216 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning dengan media Audio Visual dalam subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Lemburawi 02 hasil belajarnya belum tercapai dikarenakan cara mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran lain yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu tidak adanya variasi dalam proses belajar mengajar yaitu salah satunya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan media Audio Visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I hasil belajar 50% dengan kategori cukup, siklus II 75% dengan kategori baik dan siklus III 93,75% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan media Audio Visual sangat menunjang terhadap peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci: Discovery Learning, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:11
Last Modified: 05 Oct 2018 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37534

Actions (login required)

View Item View Item